iluhnuna

Konsisten Menulis Bersama Komunitas ODOP & ODOP Blogger Squad

Posting Komentar
komunitas odop

One Day One Post merupakan kegiatan menantang diri sendiri untuk menulis di blog setiap hari. Berani menerima tantangan ini?

Aku sendiri butuh waktu lama untuk berani mengikuti kegiatan yang diadakan oleh komunitas ODOP ini. Kegiatan ini memang dibuka setiap tahunnya. Kini sudah memasuki batch 12, dan aku menjadi bagian dari batch ini. 

Keberanian ini sejujurnya aku dapat dari sebuah komunitas konsistensi menulis juga. Peserta diwajibkan menulis minimal 10 tulisan setiap bulannya. Kegiatan ini berlangsung selama satu tahun lamanya. 

Sejauh ini aku masih bertahan dan bisa menulis minimal 10. Ketika kebiasaan itu mulai terbentuk aku akhirnya memberanikan diri mendaftar di Oprec ODOP batch 12. 

Komunitas ODOP

Komunitas ODOP adalah salah satu komunitas di Indonesia yang menampung para penulis. Uniknya komunitas ini bukan hanya berfokus pada penulis blog saja. 

Ada beragam program di dalam ODOP yang bisa diikuti oleh anggotanya. Untuk bisa menjadi anggota komunitas ODOP tentu saja harus mengikuti kegiatan Oprec ODOP dimana kita harus menulis setiap hari dalam kurun waktu yang ditentukan.

oprec odop

Untuk Batch 12 yang aku ikuti kemarin, kami menulis selama 35 hari dan itu setiap hari tanpa jeda. Sebenarnya cukup menantang dan banyak juga yang gugur juga.

Dengan memaksakan diri pada akhirnya aku berhasil menaklukan tantangan Oprec tersebut dan bergabung dalam komunitas ODOP.

Setelah berhasil gabung di komunitas, kami dipersilahkan untuk memilih program yang ingin diikuti. Pilihan program tersebut ada:

  • OBS (ODOP Blogger Squad)
  • OTM (ODOP tembus Media)
  • ONB (ODOP Nulis Buku)
  • RCO (Reading Challenge ODOP) 

Kalian bisa memilih salah satu atau mau gabung di semua program juga boleh. 

ODOP Blogger Squad

Aku memilih kelas OBS dan juga masuk kelas ONB. Alasan aku memilih OBS adalah karena aku memang aktif menulis di blog dan juga ingin bergabung dengan para blogger pro lainnya.

Ketika masuk OBS tentu saja kita akan dibimbing dari awal mulai dari pengenalan blog. Tidak hanya itu, kita juga akan diberikan materi berbobot seputar blogging.

odop blogger squad

Tentu saja hal itu harus dimulai dari dasar yaitu big why blogging. Menuliskan alasan ini akan selalu mengingatkan kita mengapa memulai menulis blog.

Selanjutnya kita akan diberikan materi dan juga dibimbing untuk memasang template yang SEO, menghubungkan blog dengan GSC & GA dan masih banyak materi berbobot lainnya. 

Kalau sudah merasa blogging adalah passion kita, maka tidak ada materi yang sulit. Kita masih bisa berdiskusi dan bertanya kepada pemateri jika ada yang belum jelas. 

Kesan Mengikuti ODOP Blogger Squad

Mengikuti Oprec OBS bagiku kali ini sungguh suatu tantangan yang berat. Bukan karena materi yang diberikan. Tapi lebih ke kesehatan diri yang lagi tidak fit. 

Ada suatu hari dimana aku baik-baik saja. Tapi ada juga hari dimana aku ngedrop parah dan hanya bisa tiduran. 

Mungkin karena aku sedang berbadan dua lagi ditambah aku juga ketularan anakku terkena cacar saat hamil. Sungguh mengikuti kelas ini adalah suatu perjuangan yang menguras tenaga. 

Sudah berulang kali aku ingin menyerah dan ingin mundur dari kelas. Tapi aku tidak ingin mengulang dari nol lagi. Karena jika tidak lulus oprec OBS ya mulai dari nol lagi tahun depan. 

Dengan mengumpulkan tenaga untuk berfikir dan juga kemurahan hati para coach akhirnya aku bisa menuliskan tulisan ini yang artinya sebentar lagi akan lulus oprec dan bisa bergabung ODOP Blogger Squad. 

Ada manfaat yang bisa aku rasakan setelah melalui perjuangan yang sebentar lagi usai ini yaitu:

1. Jangan Menyerah

Pelajaran berharga yang bisa aku dapatkan dari mengikuti oprec ini adalah jangan mudah menyerah. Aku punya banyak kesempatan untuk menyerah dari awal sebenarnya. Apalagi dengan kondisi kesehatan yang tidak mendukung.

Tapi aku selalu berkata pada diriku "sebentar lagi, sayang sudah sampai disini". Aku juga masih penasaran dengan materi yang akan diberikan berikutnya. Jadilah aku selalu bertahan, bertahan, dan terus bertahan. 

Bahkan ketika menjelang akhir tantangan kemarin aku sudah sangat pasrah karena tidak bisa membuka laptop untuk menyelesaikan satu tulisan. 

Tapi untungnya para PJ OBS ini sangat baik. Aku masih diberikan kelonggaran waktu untuk menyelesaikan tulisan jika ingin bertahan. 

2. Menambah Artikel Di Blog

Setiap tantangan dan materi yang diberikan selalu ada tugas yang berupa menulis di blog pastinya. Jika tanpa oprec ini, blogku pasti tidak akan terus update tulisan terbaru. 

Karena ikut oprec jadi artikel di blog ini selalu bertambah dengan tulisan baru setiap harinya. Pikiranku juga menjadi berguna untuk memikirkan hal-hal baik dan terus menggali ide. 

3. Bertemu Teman Baru

 Bergabung dengan komunitas baru tentu kita juga jadi bertemu dengan teman baru. Teman dengan semangat baru dan juga kemampuan menulis yang berbeda. 

Kita bisa saling sharing dan juga saling menularkan semangat dengan lainnya. Teman yang sama-sama memiliki hobi yang sama yaitu menulis. 

Kesimpulan 

Mengikuti oprec yang diadakan komunitas ODOP memberikan tentangan tersendiri karena kita dituntut menulis setiap hari dalam kurun waktu yang ditentukan.

Dalam komunitas ODOP kita akan bertemu dengan beragam program yang bisa kita ikuti. Salah satu program yang aku ikuti adalah ODOP Blogger Squad dan juga ODOP Nulis Buku.

Aku mengikuti program ODOP Blogger Squad karena memang lebih aktif menulis di blog. Dengan mengikuti OBS aku merasakan manfaat dan pelajaran berharga.  


De Eka
프라나와 엄마. KDrama Lovers. Jung Yong Hwa fans. Bucinnya Suga & Jekey!

Related Posts

Posting Komentar