iluhnuna

Adakah Manfaat Kecerdasan Buatan Bagi Penulis Blog?

1 komentar
manfaat kecerdasan buatan

Kecerdasan buatan akhir-akhir ini memang sedang booming. Bahkan kecerdasaan buatan ini sudah merambah ke berbagai sektor kehidupan termasuk dunia kepenulisan.

Awal munculnya AI (Artificial Intelligence) aku pribadi tidak ikutan ambil pusing. Sementara ada beberapa orang yang sudah heboh gembor-gembor kemunculan AI akan menggantikan kita sebagai penulis blog. 

Nyatanya kita tidak bisa acuh begitu saja dengan adanya teknologi terbaru. Saat itu yang lagi heboh dan masih ada sampai kini adalah kemunculan ChatGPT. Akupun ikut penasaran mulai mencoba salah satu AI ini. 

Bisa dibilang kemunculan AI ini bukanlah musuh bagi para penulis blog melainkan kita bisa menjadikannya sekutu baru. Lantas adakah manfaat kecerdasan buatan bagi para penulis blog?  

Apa Itu Kecerdasan Buatan?

Kecerdasan Buatan atau AI merupakan suatu sistem yang membutuhkan data dan pengalaman untuk membuatnya lebih pintar. AI dapat belajar dengan sendirinya dari pengalaman para penggunanya. 

Sistem ini membutuhkan data untuk memproses sehingga dapat menemukan pola dan membuat keputusan dengan sedikit atau bahkan tanpa campur tangan manusia. Salah satu kemampuan yang ada pada sistem AI adalah melakukan koreksi diri. 

Menurut para ahli seperti Elon Musk mendefinisakan AI sebagai "perpanjangan otak manusia, di mana komputer dapat membantu mengatasi keterbatasan biologis kita". 

Manfaat Kecerdasan Buatan Bagi Penulis Blog

Sejauh ini tools AI yang aku ketahui dalam membuat konten tulisan adalah Chat GPT dan Gemini Google. Karena dua tools tersebut bisa digunakan secara gratis. 

Masih ada banyak tools lainnya yang bisa digunakan, hanya saja berbayar. Maklum bagi kaum mendang mending seperti mamak ini, aku masih memilih versi gratisan saja. 

Manfaat yang bisa kita ambil diantaranya:

1. Pembuatan Ide

Sebagai penulis blog tentu ada kalanya kita merasa bingung akan menulis apa. Belum lagi jika ikut suatu tantangan dan bertemu dengan tema yang tidak kita kuasai. 

Disinilah kita bisa menggunakan AI untuk bertukar pikiran dan menggali ide menulis. Ide yang diberikan bisa kita cari kata kuncinya agar menghasilkan tulisan yang memenuhi kaidah SEO.

2. Penulisan Draf Awal

Menggunakan AI untuk membuat draft mentah juga bisa dilakukan. Tergantung perintah yang kita masukkan. 

Dengan adanya draft awal, mampu memberikan gambaran tentang apa saja yang nantinya akan kita bahas dalam artikel kita. 

Hal ini tentu akan mempermudah kita dalam menulis artikel. Ibarat kata kita sudah dibantu membuat kerangka tulisan. 

3. Membantu Menerjemahkan 

Beberapa tools AI misalnya ChatGPT dapat digunakan untuk menerjemahkan beragam bahasa ke dalam bahasa Indonesia. Bisa juga untuk menerjemahkan kalimat hangeul Korea ke dalam bahasa Indonesia.

Dalam kepenulisan artikel, hal ini berguna untuk menerjemahkan saat kita menemukan referensi artikel dalam bahasa Inggris atau bahasa lainnya.  

Hasil terjemahan ini tentu saja belum tentu benar sehingga memang perlu koreksi lebih lanjut. Setidaknya ini membuat efisiensi waktu saat menelaah referensi dalam bahasa asing.

4. Pengecekan Gramatika dan Plagiarisme

 AI dapat membantu kita dalam mengecek kesalahan ejaan dengan cukup akurat sehingga tulisan yang dihasilkan diharapkan bisa minim dari typo.

Tools AI seperti Grammarly dan Copyscape dapat membantu kita mengecek tulisan bebas plagiat atau tidak. 

Tentu saja ini berguna untuk memastikan bahwa konten yang kita posting di dalam blog adalah konten yang orisinil yang berasal dari pemikiran pribadi

Apakah AI Akan Menggantikan Bloger?

peran AI bagi blogger

Kekhawatiran yang terjadi adalah konon katanya kemunculan AI ini akan menggantikan peran kita sebagai bloger. Benarkah demikian?

Nyatanya kreatifitas dan pengalaman pribadi tidak bisa digantikan oleh AI. Pembaca yang datang ke blog pastinya ingin membaca sesuatu yang berbeda dari website lainnya yang sebagian besar hanya berdasarkan teori tanpa menyelipkan pengalaman di dalam pembahasannya.

AI tetap tidak akan bisa menggantikan sudut pandang unik setiap penulis. Itulah mengapa aku menyebutkan AI sebagai sekutu dalam kerjasama. Dia bisa memberikan draft awal dan ide, namun eksekusi ide tersebut tetap harus mendapat sentuhan perasaan penulis agar konten milik kita tetap unik.  

Jika kita sebagai bloger, menggunakan AI sepenuhnya untuk konten blog kita, lalu apa gunanya kita menjadi penulis blog? Apa yang ingin kita bagikan kepada pembaca yang mengunjungi blog kita jika isinya sama saja dengan web-web besar itu? 

Kesimpulan 

Kecerdasan Buatan atau AI merupakan suatu sistem yang membutuhkan data dan pengalaman untuk membuatnya lebih pintar. AI dapat belajar dengan sendirinya dari pengalaman para penggunanya. 

Bagi para bloger tentu saja ada manfaat kecerdasan buatan ini. Baik dari segi penulisan maupun dari segi mempercantik tulisan dengan gambar. 

Karena memang AI ini sudah merambah ke banyak bidang. Tingal pintar-pintar kita sebagai pengguna untuk memanfaatkan teknologi ini. 

AI tidak akan pernah bisa menggantikan pengalaman dan pemikiran kreatif dari penulis blog. Itulah mengapa sebagai bloger kita harus selalu kreatif dalam mengolah ide tulisan. 





Referensi

https://gnld.siberkreasi.id/apa-itu-kecerdasan-buatan-inilah-pengertian-dan-penjelasannya/


De Eka
프라나와 엄마. KDrama Lovers. Jung Yong Hwa fans. Bucinnya Suga & Jekey!

Related Posts

1 komentar

  1. Memang manusia mempunyai karakter yang unik, yang tidak bisa ditiru oleh orang lain bahkan mesin. j

    BalasHapus

Posting Komentar