iluhnuna

Pengalaman Berwisata Ke Hutan Pinus Limpakuwus Purwokerto

Posting Komentar
hutan pinus limpakuwus purwokerto

Tinggal di tengah hiruk pikuk padatnya rumah rasanya mata ini ingin memandang kesegaran alam yang hijau-hijau menyegarkan.

Sayangnya untuk menikmati keindahan alam asri tersebut membutuhkan waktu tempuh kurang lebih satu jam dengan mengendarai motor santai. 

Maklum kalau berpergian naik motor saat ini memang sudah tidak bisa grasa-grusu di jalan. Karena kami tidak hanya pergi berduaan tapi juga bareng bocil. Jadi motonya sekarang adalah "biar pelan asal selamat".

Hutan pinus limpakuwus Purwokerto bisa menjadi pilihan rekreasi bersama keluarga. Menyajikan pemandangan yang indah dan juga udara yang masih segar. Hutan pinus ini terletak di lereng Gunung Slamet pada ketinggian 750 mdpl.  

Pesona Hutan Pinus Limpakuwus

Berwisata ke hutan pinus itu selalu membawa kebahagiaan tersendiri. Apalagi wisata alam hutan pinus itu rata-rata berada di daerah dataran tinggi, sehingga masih memberikan udara dan suasana yang segar.

Hutan pinus ini memang sudah dirubah menjadi kawasan wisata dengan berbagai fasilitas, arena bermain dan juga spot foto yang instagramable.

Beberapa fasilitas yang ada di hutan pinus ini diantaranya:

1. Permainan Mountain Slide

Tahu kan permainan perosotan warna-warni kekinian itu? Nah di sini kamu juga bisa menikmati permainan perosotan warna-warni ini. Dari anak-anak sampai dewasa bisa naik wahana ini. 

Menaiki wahana ini kamu akan duduk diatas pelampung ban lalu akan didorong oleh petugas dari atas. Rasakan pacuan adrenalin saat kamu meluncur ke bawah. 

2. Arena Bermain Anak

Buat yang membawa anak balita seperti aku, tujuan yang cocok sih arena bermain anak. Arena bermain anak ini cukup bersih. Pengunjung yang masuk dilarang menggunakan alas kaki. 

Dalam arena bermain ada permainan khas anak-anak seperti perosotan, jungkat-jungkit, rumah-rumahan, mandi bola dan masih banyak lagi. 

Dijamin anak yang sudah masuk ke arena ini pasti betah. Jadi arena bermain ini menurutku bisa jadi tempat yang paling akhir dikunjungi setelah lelah berkeliling. Orang tua bisa duduk santai sembari menemani anak bermain. 

3. Pemandangan Alam 

Ketika berwisata ke alam tentu saja aku pribadi menyukai pemandangan alamnya. Melihat deretan pohon pinus yang menjulang tinggi, udara yang sejuk ditambah masih adanya vegetasi alami pakis-pakisan membuat pemandangan semakin memanjakan mata. 

4. Menginap di Cottage

Di sini juga ada cottage beragam ukuran yang berjejer diantara pohon pinus. Kalian bisa merasakan sensasi menginap di cottage ini. 

Menurut traveloka biaya menginap di cottage ini beragam mulai dari harga Rp.350.000 per unit untuk kapasitas 3 orang sampai Rp.450.000 per unit untuk 4 orang. Beda harga tentu saja beda fasilitas yang didapat. 

5. Tempat Berbelanja

Sebelum memasuki arena hutan di sisi luar sebelah parkiran ada beragam penjual. Mulai dari makanan sampai pakaian. 

Kalian bisa menikmati beragam makanan dan pastinya tempe mendoan yang menjadi ciri khas camilan Jawa Tengah khususnya area Banyumas, Cilacap, Purwokerto dan sekitarnya.

Tadinya kupikir banyaknya penjual pakaian disana hanya untuk oleh-oleh sebagai kenangan bahwa pernah mengunjungi hutan pinus Limpakuwus.

Nyatanya akupun harus membeli pakaian disini untuk anakku karena baju dan celananya sudah basah kuyup akibat bermain setelah hujan.   

6. Camping Area

Buat teman yang ingin camping bisa juga di hutan pinus ini. Kalian perlu membayar untuk sewa lokasi. Jika sudah membawa perlengkapan camping sendiri maka kalian hanya perlu membayar biaya sewa saja.

Tapi bagi yang ingin camping namun tidak membawa perlengkapan, tenang saja. Kalian bisa menyewa tenda disini. Untuk biaya sewa tenda kurang lebih Rp.85.000 dengan kapasitas 4 orang.  

Berkunjung Ke Hutan Pinus Limpakuwus

wisata hutan pinus limpakuwus

Ketika aku berkunjung ke hutan pinus ini, sebenarnya adalah rangkaian dari melipir sejenak ke Purwokerto dan menikmati daerah dingin.

Kami menginap di hotel Rosalia sebelum memutuskan jalan-jalan menikmati hawa dingin baturaden. Sayangnya ketika kami liburan ini cuaca sedang tidak bersahabat. 

Hujan terus menerus bahkan seharian. Beberapa tempat wisata terdekat yang ingin kami kunjungi harus batal dan lebih banyak berdiam diri di hotel saja. Untungnya hotel tempat kami menginap memiliki fasilitas yang bisa memanjakan pengunjung. 

Kami akhirnya memutuskan berwisata ke hutan pinus di pagi hari dengan cuaca yang tidak pasti. Sesampainya kami di hutan pinus tak lama berselang justru mendung dan turun hujan.

Namun kami justru mendapatkan suasana yang berbeda. Kami disajikan pemandangan hutan pinus yang berkabut. Itu menjadi pengalaman menyejukkan yang tidak terlupakan. 

Untungnya hujan tidak terlalu lama, namun karena kondisi basah kami tidak bisa mengeksplor seluruh penjuru hutan pinus ini. 

Oh iya hutan pinus limpakuwus ini buka dari jam 08.00-16.00 WIB. Untuk harga tiket masuknya Rp.15.000 per orang untuk hari biasa dan Rp.20.000 per orang ketika weekend dan hari libur. 

Mungkin juga harga tiket saat ini sudah berubah. Jadi ada baiknya teman nuna yang ingin berkunjung dalam waktu dekat bisa mencari informasi harga tiket terbaru.  

Kesimpulan

Hutan Pinus Limpakuwus Purwokerto bisa menjadi pilihan wisata terdekat untuk teman yang ingin melepas penat dan ingin menikmati keindahan alam.

Suasana yang sejuk ditambah berbagai fasilitas yang disediakan cocok menjadi tempat wisata yang dikunjungi bersama keluarga dan teman. Tempat ini buka dari jam 08.00-16.00 WIB. Waktu berkunjung yang disarankan adalah pagi hari untuk mendapat udara yang sejuk.


De Eka
프라나와 엄마. KDrama Lovers. Jung Yong Hwa fans. Bucinnya Suga & Jekey!

Related Posts

Posting Komentar