iluhnuna

Fungsi Google Search Console Blogger Pemula Wajib Tahu

1 komentar

fungsi google search consoleSetelah kemarin kita belajar mengenai google analytics salah satu tool google lainnya yang juga bermanfaat bagi blogger adalah google search console atau sering disebut GSC.

Google Search Console adalah alat bisa kita gunakan secara gratis dan tentunya memiliki fungsi yang penting bagi blogger. 

Dengan memasang GSC di blog, kita dapat memantau kinerja blog kita di mesin pencari Google, mengidentifikasi masalah teknis, dan mengoptimalkan konten agar lebih mudah ditemukan oleh pembaca.

Intinya dengan adanya GSC ini dapat membantu kita mencapai tujuan dan meningkatkan jangkauan artikel.

Tentang Google Search Console

GSC ini masih menjadi materi lanjutan dari Google Analytics yang disampaikan oleh kak Zen dalam kelas OBS. Bisa dibilang cara memasangnya juga tidak terlalu rumit jika dibandingkan dengan memasang Google Analytics

Google Search Console pada dasarnya memungkinkan blogger melihat bagaimana Google mengenali blog kita. Alat ini memberikan data yang sangat detail tentang lalu lintas organik, kata kunci yang digunakan pengunjung, kinerja halaman, dan banyak lagi. 

Dengan informasi ini, kita dapat membuat keputusan yang lebih baik untuk meningkatkan visibilitas blog di hasil pencarian Google.

Fungsi Utama Google Search Console bagi Blogger

Adakah teman nuna yang belum menautkan blognya dengan Google Search Console? Kalau belum segeralah menautkannya, karena kita akan mendapat banyak informasi yang bermanfaat dari GSC. 

Ini adalah fungsi GSC bagi blogger yang teman harus tau. 

1. Memahami Perilaku Pengunjung:

  • Kata Kunci

GSC menunjukkan kata kunci apa saja yang membawa pengunjung datang ke blog kita. Dengan data ini, kita dapat mengoptimalkan konten dengan kata kunci yang relevan dan populer.

  • Halaman Populer

Kita dapat melihat halaman mana yang paling banyak dikunjungi dan mendapatkan wawasan tentang topik yang paling menarik bagi pembaca. Kita jadi punya gambaran topik untuk pengembangan tulisan kita kedepannya. 

  • Perangkat

GSC menunjukkan perangkat apa yang paling dominan digunakan pengunjung untuk mengakses blog, sehingga kita harus memastikan blog kita memiliki tampilan yang responsif dan mudah digunakan di berbagai perangkat. Ini sangat berkaitan dengan pemilihan template blog

2. Mendeteksi dan Memperbaiki Masalah Teknis

  • Error

GSC akan memberitahu Anda jika ada halaman yang rusak atau tidak dapat diakses oleh Google. Tampilan jumlah halaman yang terindeks dan tidak terindeks bis kita lihat. 

Bahkan untuk penyebab halaman tidak diindeks juga disajikan. Sehingga kita bisa memperbaiki halaman tersebut sesuai dengan petunjuk yang diberikan oleh GSC.

  • Sitemap

Salah satu fungsi penting GSC adalah kita dapat mengirimkan sitemap blog kita ke GSC untuk membantu Google mengindeks artikel dengan lebih cepat dan efisien.

  • Inspeksi URL

Meski sudah mengirimkan sitemap, jangan lupa juga untuk melakukan indexing manual atau inspeksi URL setiap selesai menulis artikel. Hal ini bertujuan untuk memberi tahu google lebih awal kalau blog kita memiliki artikel terbaru. 

3 Meningkatkan Kualitas Backlink

  • Link

GSC menunjukkan website mana saja yang menautkan ke blog kita, sehingga kita dapat memantau kualitas dan relevansi backlink yang masuk ke blog.

  • Disavow

Jika menemukan backlink yang berbahaya, kita dapat menggunakan GSC untuk meminta Google mengabaikannya dengan melakukan disavow link. 

Cara Menggunakan Google Search Console Secara Efektif

tampilan google search console
Aku sudah pernah menuliskan tentang menghubungkan blog dengan Google Search Console. Buat yang bingung caranya bisa baca artikel tutorial tersebut. 

Kali ini aku tuliskan secara singkat hal yang harus kamu lakukan untuk bisa menggunakan GSC bagi pemula yang baru menautkan blognya.  

Verifikasi kepemilikan website

Pastikan kamu telah memverifikasi kepemilikan blog di GSC. Ada pilihan untuk verifikasi melalui penganturan di DNS member area saat membeli domain. Ada pula yang menautkan lewat html di template blog. Tinggal pilih dan sesuaikan saja. 

Kirimkan sitemap

Seperti kataku di atasa jangan sampa lupa untuk mengirim sitemap XML blog ke GSC untuk membantu Google menemukan dan mengindeks semua halaman.

Pantau kinerja secara teratur

Aku pernah diberitahu oleh blogger lain kalau kita juga harus rajin berinteraksi dengan GSC dan meluangkan waktu untuk memeriksa GSC secara berkala untuk melihat perubahan dalam lalu lintas dan kinerja blog.

Memang ketika awal memasangnya butuh waktu untuk Google Search Console menampilkan data blog kita. Apalagi jika blog kita masih tergolong baru dan belum banyak memiliki artikel. 

Gunakan laporan

Karena sudah memasang GSC ada baiknya kita mulai memanfaatkan berbagai laporan yang disediakan oleh GSC, seperti laporan kinerja, laporan pencarian, dan laporan kesalahan.

Mungkin kita memang belum mahir membaca apalagi memperbaiki masalah yang ada. Namun selama kita belajar dan rajin mencari tahu kita pasti bisa mempelajarinya. 

Optimalkan berdasarkan data

Setelah melihat laporan yang diberikan sebaiknya kita menggunakan data yang diperoleh dari GSC untuk membuat keputusan yang didorong dengan data dalam mengoptimalkan blog. Bukan lagi berdasarkan penafsiran atau sekedar berdasarkan perasaan saja. 

Kesimpulan

Google Search Console adalah alat yang sangat berharga bagi blogger yang ingin meningkatkan visibilitas website di mesin pencari Google. 

Dengan memahami beragam fungsi-fungsi yang terdapat di GSC kita dapat menggunakannya secara efektif.

Sebagai blogger kita dapat memperoleh wawasan yang berharga tentang kinerja blog, mengidentifikasi masalah teknis, dan mengoptimalkan konten untuk mencapai hasil yang lebih baik.

Jadi kita bisa bekerja mengelola blog dan memproduksi artikel berdasarkan data yang sudah jelas ada di Google Search Console.

De Eka
프라나와 엄마. KDrama Lovers. Jung Yong Hwa fans. Bucinnya Suga & Jekey!

Related Posts

1 komentar

  1. Sudah lama pasang GSC tapi bisa-bisanya cukup lama saya abai.. Bismillah lebih menaruh perhatian lagi pada laporannya...

    BalasHapus

Posting Komentar