iluhnuna

Kenali Manfaat dan Pentingnya Google Analytics 4 Bagi Bloger

3 komentar
manfaat google analytics 4

Seperti yang sudah sering aku tulis bahwasannya serius menjadi bloger itu tidak cukup hanya konsisten menulis saja. Masih ada printilan lainnya yang perlu kita pelajari. 

Meski tidak mahir tapi kita wajib tahu dan bisa membacanya. Aku menyebutnya kegiatan di belakang layar. Biasanya kegiatan di belakang layar begini agak rumit tapi memegang peran penting.  

Karena kita bermain di ladangnya google tentu ada tool google lainnya yang saling mendukung. Kali ini aku mau membahas tentang manfaat google analytics 4 bagi bloger. 

Sekarang sudah bernama GA4 ya teman. Karena GA Universal yang dulu sudah resmi tidak digunakan lagi. 

Apa Itu Google Analytics 4?

Google Analytics seperti namanya merupakan tool milik google yang berguna untuk membantu pemilik situs web dalam mengetahui statistik pengunjung dan lainnya. 

Google Analytics 4 ini merupakan versi upgrade google dari versi sebelumnya. Tentu saja versi terbaru ini menyajikan proses analisis yang lebih baik. 

Manfaat Google Analytics 4

Sebelum GA4 membaca pergerakan blogmu tentu saja teman nuna harus memasang Google Analytics 4 di blog terlebih dahulu. 

Setelah berhasil memasangnya inilah manfaat yang akan teman dapatkan dari Google Analytics. 

Analisa Pengunjung Blog

Dengan menautkan blog dan GA4, kita sebagai pengelola bisa memantau pergerakan pengunjung blog. Apakah mengalami peningkatan atau penurunan. 

Dengan mengetahui jumlah pengunjung kita bisa mengatur strategi untuk mengembangkan blog kita kedepannya

Analisa Konten Populer

Konten alias tulisan itu merupakan hal yang penting bagi blog. Kalau punya blog lalu tidak pernah diisi mau jadi apa blognya? 

Dengan menggunakan GA4 ini kita bisa memantau artikel mana yang disukai oleh pengunjung. Lalu kita bisa mengembangkan artikel tersebut menjadi tulisan yang saling berkaitan.

Jadi kita mempunyai konten pilar dan konten turunan. Menurut beberapa blogger mastah, membuat jenis artikel seperti ini akan membantu blog kita lebih baik di mata google karena akan menunjukkan keahlian kita di bidang tersebut atau expertise. 

Mengetahui Asal Pengguna  

Kepo ngga sih dari mana saja pengunjung blog kita berasal? Nah kita juga bisa mengetahuinya dari GA4 ini loh. 

audiens di ga4

Silahkan bermain pada bagian laporan dan temukan dari mana saja pembaca blogmu berasal. Dengan mengetahui demografi pengguna kita juga bisa membuat konten lokal nih. 

Misalkan pembacamu lebih banyak dari kota Semarang, kita bisa membuat artikel seputar kuliner lokal di Semarang, tempat wisatanya atau bahkan penginapan hidden gem yang harus diketahui. 

Analisa Page View

Masih ada kaitannya dengan konten populer nih. Masih jadi fitur yang sama dengan GA universal yang sudah ditutup, GA4 ini juga memungkinkan kita untuk melihat jumlah page view suatu artikel.

Biasanya ini juga menjadi laporan bila ada kerja sama dangan suatu brand yang mensyaratkan minimal jumlah page view. 

Pentingkah Menautkan Blog Dengan Google Analytics 4?

menautkan blog ke google analytics

Selanjutnya ada yang pernah kepikiran ngga sih, pentingkah kita menautkan blog dengan Google Analytics?

Sebagai peserta dari Oprec Blogger Squadnya ODOP aku menemukan suatu pernyataan yang agak berbeda dari sang pemateri.

Beliau mengatakan kalau "Google Analytics itu ngga penting"

Aku ketika membaca agak terkedjoet ya. Tumben ada pemateri yang menyatakan suatu yang kontras dengan yang dikatakan blogger pada umumnya.

Oke "Ngga Penting" yang dimaksud adalah, kita tidak perlu repot memikirkan Analytics jika blog kita masih kosong belum ada isinya. Berisi tapi masih sedikit sekali bisa dihitung hanya dengan jari tangan. 

Oh iya aku jadi inget masa awal memulai blog. Iya, aku memang tidak memikirkan Analytics. Bahkan Google Analytics aja aku tidak tahu apalagi memikirkannya. 

Fokus utamaku saat itu hanya menulis dan menulis. Update isi blog dengan tulisan, upload lalu lupakan. Begitulah awal mula proses diriku.

Seiring berjalan waktu, bertemu dengan beragam komunitas dan ruang belajar yang masih terbuka pada saat itu aku mulai menyadari banyak hal. Jika ingin fokus menjadi bloger ada bayak hal yang harus kita pelajari dan kita praktekkan. 

Ternyata belajar utak atik di berbagai lini yang berkaitan dengan blog itu menyenangkan. Ada juga yang bikin pusing tapi tetap bisa dikerjakan dengan menyenangkan. 

Jadi apakah penting memasang Google Analytics di blog?

Penting, kalau kamu serius menekuni dunia blogging dan ingin mendapatkan penghasilan dari blog.

Tidak penting kalau kamu hanya ingin sekedar menuangkan hobi menulis saja. Tidak peduli ada yang membaca atau tidak yang penting hobi tersalurkan. Begitupun tidak masalah.

Semua orang mempunyai big why dalam membangun blognya kan. Jangan berpatokan dengan standar orang lain.  

Ciptakan kenyamanan bagi dirimu sendiri. Karena dari yang awalnya hanya mengenal blog bisa jadi membuatmu mengenal dunia digital lainnya. 

Kesimpulan

Google Analytics 4 ini merupakan versi upgrade google dari versi sebelumnya yang berguna untuk membantu pemilik situs web dalam mengetahui statistik pengunjung dan lainnya. 

Menautkan blog dengan Google Analytics 4 memiliki manfaat bagi pengelola blog itu sendiri. Ada banyak analisa yang bisa kita lakukan dengan hanya membuka Analitycs Google.

Tidak kalah penting adalah kita bisa melihat jumlah page view tiap artikel yang kita terbitkan. Tentu saja ini sangat berguna bagi pemilik blog.

Menautkan blog dengan Google Analytics bisa menjadi penting namun juga bisa jadi tidak penting. Tergantung tujuan dan keseriusan teman sendiri dalam dunia blogging ini. 


De Eka
프라나와 엄마. KDrama Lovers. Jung Yong Hwa fans. Bucinnya Suga & Jekey!

Related Posts

3 komentar

  1. Aku suka banget mengembangkan ide tulisan atau nemukan ide tulisan dari analisa GA4. Jadi bisa memahami karakter dan artikel yang disukai pembaca itu seperti apa.

    BalasHapus
  2. Mbak, pas awal nulis di blog aku kira tulisanku bakalan otomatis terindeks Google. Ternyata ada proses panjang menuju ke sana, salah satunya dengan memasang beberapa tools. Di antaranya GSC untuk meminta pengindeksan dan GA4 untuk menganalisisnya.

    BalasHapus
  3. Wah. Saya jadi tertuntun dengan membaca artikel kakak ini. Terima kasih, Kak. Semangat selalu menulis di blognya. 🙏☺️

    BalasHapus

Posting Komentar