iluhnuna

6 Keuntungan Memakai Domain Berbayar

3 komentar
keuntungan domain berbayar

Aku jadi teringat ketika dulu pertama kali mengenal blog. Aku sungguh tidak terbayangkan bisa memiliki blog dengan akhiran dot com seperti sekarang.

Aku yang gemar menjelajah google, belum tertarik untuk memiliki blog pada saat itu. Blog yang aku tahu pun masih platform blogspot gratisan.

Aku tidak mengenal adanya domain berbayar. Sehingga kita bisa memiliki sebuah website yang terkesan profesional.

Lantas memakai domain berbayar apakah benar menguntungkan bagi seorang bloger?

Yakin Mau Jadi Bloger?

Sebelum kita bahas keuntungan menggunakan domain berbayar, ada baiknya kita bertanya pada diri sendiri dahulu. Seberapa serius kamu mau menjadi bloger?

Sebab menjadi bloger itu susah tapi juga asik ketika kamu menjalaninya karena kamu memang suka. Bukan sekedar tuntutan ingin uang atau lainnya.

Karena akan selalu ada tantangan kedepannya yang bisa saja meruntuhkan konsistensi mengelola blog. Jadi jika tidak kuat niatnya atau big why ngeblognya, kan sayang sudah membeli domain berbayar namun blognya justru tidak terurus.

Keuntungan Menggunakan Domain Berbayar

Kalau sudah yakin dan serius ingin menjadi bloger, maka ada baiknya kamu memperhitungkan untuk membeli domain berbayar. Tentu saja ada banyak keuntungan jika teman nuna menggunakan domain berbayar dalam ngeblog.

1. Membangun Personal Branding

Jika kita menggunakan blog dengan domain berbayar, akan lebih mudah bagi kita untuk membangun personal branding sebagai bloger. 

Personal branding ini bisa kita ciptakan saat akan memilih nama domain yang akan digunakan. Misal niche blog kamu membahas tentang parenting bisa menggunakan kata bunda atau mom.

Namun ini balik ke selera lagi menurutku. Jika ingin menggunakan nama sendiri juga sah-sah saja tentunya. Karena kamu bisa membangun personal brandingmu secara perlahan sesuai passion yang akan muncul nantinya. 

2. Peluang Event dan Lomba

Ada banyak peluang di media tulis menulis ini. Salah satunya yang sering ada adalah lomba blog. Kebanyakan syarat lomba adalah menggunakan blog dengan domain berbayar atau TLD. 

Tentunya dengan memiliki blog dengan domain berbayar, kita sudah bisa mengikuti lomba blog bukan? Setidaknya kita pernah mencoba berkompetisi dalam hal menulis sesuai kriteria juri. 

Mungkin juga karena alasan profesionalisme serta parameter blog lainnya seperti nilai DA/PA serta backlink yang berkualitas dari para pesertanya. 

3. Mengenali Platform

Sebagai bloger pemula aku memang tahunya blogspot lebih dulu. Sampai sekarang aku juga masih setia menggunakan platform blogspot untuk kedua blogku.

Barulah setelah sekian lama aku mulai mendengar wordpress dan segala iming-iming kemudahan dan keuntungannya. Tak bisa dipungkiri aku juga tergoda untuk mencoba. 

blogger atau wordpress

Namun dari segi pemeliharaan jelas berbeda. Jumlah uang yang dikeluarkan untuk menjadikannya domain berbayar tentu tidak sama.

Buat yang belum tahu, pengguna blogspot hanya perlu membeli domain saja tanpa perlu biaya hosting. Ya karena kita memang numpang hosting di google. 

Biaya membeli domain juga beragam tergantung pilihan ekstensi yang diinginkan dan juga tempat membelinya. Biaya yang dikeluarkan berkisar di angka 150 an sampai 250 an ribu per tahunnya. Itu untuk ekstensi berakhiran dot com.

Sementara untuk wordpress sendiri dibutuhkan biaya untuk membeli domain dan juga hosting. Memang ini lebih enak karena jatuhnya kepemilikan penuh dan kendali ada di tangan kita. 

Dari segi biaya yang aku tahu cukup menguras kantong. Biaya yang dikeluarkan berkisar 800 ribu-1 jutaan tergantung kapasitas hosting yang dipilih.   

4. Terlihat Profesional

Dengan memiliki domain berbayar tentu blog kita bisa jadi lebih dianggap profesional dan dapat dipercaya daripada menggunakan domain gratisan. 

Selain itu akan lebih membuka peluang tawaran kerja sama baik berupa content placement ataupun content review

Selain itu membaca blog yang berakhiran top level domain akan membuat kita terlihat serius mengelola blog pribadi kita. Selain rumahnya yang sudah oke tentu saja kualitas tulisan tetap menjadi rajanya.

5. Pilihan TLD

Ada banyak pilihan top level domain yang bisa kita pilih untuk blog kita. Lagi-lagi sesuaikan dengan budget yang kita punya. 

Beragam pilihan TLD yang umum digunakan adalah .com, .net, .info, .biz dan masih banyak yang lainnya. 

Ada banyak juga pilihan tempat untuk membeli domain tersebut. Untuk blog iluhnuna ini aku membeli domain di niagahoster

Hal yang harus disiapkan saat hendak membeli domain selain uang adalah memilih nama domain. Pilihlah nama yang unik, tidak pasaran namun juga mudah diingat. Jangan juga memilih nama yang terlampau panjang. 

6. Mudah Diingat

Pengalaman saat membuat blog yang tentu saja gratisan nama yang digunakan haruslah agak panjang. Ada minimal karakter yang harus dipenuhi.

Seperti blog iluhnuna ini yang dulunya beralamat matasemutkecil.blogspot.com. Tadinya mau dibuat pendek saja, namun memang ada minimal karakter yang harus dipenuhi. Jadilah panjang seperti itu.

Saat kita memutuskan membeli nama domain, kita bisa memilih nama yang lebih pendek dan pastikan juga mudah diingat oleh pembaca. Jangan menggunakan ejaan yang susah. 

Pembaca akan mudah mengingat nama blog yang unik, pendek dan mudah dieja. Menggunakan nama sendiri juga tidak masalah. Jika namamu bukanlah nama yang pasaran dan umum digunakan banyak orang seperti namaku. hehe

Sebab itulah blog ini tidak menggunakan nama asli si penulis karena namanya "tidak menjual" dan juga tidak memiliki unsur keunikan. 

Kesimpulan

Memutuskan untuk membuat blog dan yakin akan menekuni dunia blogging ada baiknya kamu memikirkan untuk segera membeli domain berbayar. 

Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan jika kita menggunakan top level domain. Salah satunya adalah kita terlihat lebih profesional dan juga bisa dipercaya. 

Jangan lupa juga untuk terus belajar meningkatkan kualitas tulisan karena tetap saja, tulisan di blog adalah rajanya. 


De Eka
프라나와 엄마. KDrama Lovers. Jung Yong Hwa fans. Bucinnya Suga & Jekey!

Related Posts

3 komentar

  1. Keren kak. Banyan untungnya sebenar ya kak

    BalasHapus
  2. Kalau domain blogspot malah ada yang sampai sekitar 3 jutaan, Kak, kalau di Dewa Web. Entah, lupa saya yang apa. Tapi, TLD juga. Keren kak, artikelnya. Semangat, Tuhan memberkati. ☺️

    BalasHapus
  3. Benar, Mbak, blog dengan top level domain itu lebih mudah diingat. Lebih ringkas gitu. Nggak kepanjangan sama ekornya. ㅋㅋㅋ.

    BalasHapus

Posting Komentar