iluhnuna

Big Why Menulis Blog Menjaga Semangat Menulis

6 komentar
big why menulis blog

Saat menulis blog pernahkah teman nuna bertanya pada diri sendiri kenapa aku menulis blog? atau mungkin ada teman yang bertanya mengapa kamu menulis di blog?

Pernahkah kalian terpikirkan big why dalam ngeblog?

Aku sendiri ketika pertama kali memutuskan membuat blog tidak ada alasan khusus. Aku hanya ingin mencari kegiatan ketika beralih status menjadi ibu rumah tangga. Sesimple itu. 

Belum memikirkan monetisasi atau job dari menulis blog. Perjalanan yang benar-benar dimulai dari nol banget. Tanpa ilmu apapun selain ilmu menulis sederhana yang aku tahu. 

Itupun berdasarkan dari ATM (amati, tiru, modifikasi) web-web yang ada di google. Aku memang lebih suka membaca dalam mencari informasi daripada menonton video. Itulah aku tidak asing dengan penampilan blog.

Belajarnya juga masih otodidak melalui tulisan-tulisan dan tutorial yang tersebar sebelum akhirnya bertemu kelas-kelas ngeblog. Pertemuanku dengan kelas belajar ngeblog itu juga tidak cepat. 

Menelisik The Big Why Ngeblog iluhnuna

Sebelumnya aku pernah menuliskan alasan ngeblog dan mengatur waktu menulis. Setelah 2 tahun berlalu masih samakah big why ku itu dengan saat ini?

Jika dilihat lagi sebenarnya alasan itu masih sama sih, tidak ada yang ingin aku ubah.

1. Hobi Menulis dan Ingin Jadi Penulis

Memang sesuatu yang dimulai dengan rasa suka itu tidak pernah berkhianat di belakang. Sejauh ini aku sangat menikmati menulis di blog. 

Meski kadang aku sempat insecure juga dengan beberapa teman yang sudah berhasil membuat blognya menghasilkan cuan. Meski belum lancar terkadang blog ini juga bisa membuat pengempunya jajan skincare dari hasil menulis.

Jika masih dalam keadaan sehat aku selalu menyempatkan mengisi kedua blogku ini meski tanpa tulisan berbayar sekalipun. Bahkan sedang rajin-rajinnya ikut berbagai tantangan menulis. 

Sehingga jika dibandingkan dengan dua tahun lalu frekuensi aku menulis di blog cukup mengalami peningkatan. Tanpa memikirkan kehabisan ide menulis. Bahkan selalu ada ide yang bisa ditulis. 

Hanya saja suka terbentur waktu sebagai mamak-mamak rempong. Belum lagi jika tiba-tiba kesehatan menurun.  

2. Berbagi Cerita

Blog iluhnuna ini masih masuk ke kategori blog lifestyle alias gado-gado. Sehingga aku bisa memasukkan beragam tulisan disini. Bahkan tulisan tentang keresahan hati yang sering melanda mamak ini. 

Menulis di blog itu masih menjadi pilihan dibanding dengan menulis di media sosial. Karena tidak ada keterbatasan karakter dalam ngeblog. 

Bahkan aku bisa berbagi kisah perjalanan mengunjungi suatu tempat tanpa takut dibatasi jumlah kata. Mau panjang atau pendek sesuai cara penyampaian kita saja.

Selain sebagai sarana berbagi cerita, kita juga bisa mencoba peruntungan melalui lomba menulis blog. Ada banyak lomba dengan beragam kategori yang bisa diikuti. 

3. Menambah Relasi Pertemanan

Siapa sangka dengan rajin menulis blog dan juga ikut beragam komunitas membuat kita bertemu dengan beragam orang. 

Melalui komunitas kita jadi kenal dengan orang dari berbagai provinsi, bahkan ada yang cocok dengan kita dari segi kepribadian, cerita, nasib dan sebagainya. Bisa dibilang bertemu dengan teman sefrekuensi.

Sebagai ibu rumah tangga, merupakan suatu anugerah kita bisa saling mempunyai teman dari berbagai daerah.  

Dari komunitas itu juga aku bisa memiliki teman cerita yang asik bahkan bisa saling bertemu ketika aku berkunjung ke kotanya.  

4. Sarana Mempelajari Hal Baru

Kata orang sih ya kalau otaknya tidak pernah dipakai nanti jadi batu. Maksudnya dipakai untuk belajar ya. 

Aku pernah mendengar kata itu dan aku tidak percaya begitu saja. Sampai aku mengalami sendiri. Kukira aku tidak akan mengalami "pelupa", hal-hal kecil itu harusnya bisa kuingat malah gampang banget kelupaan.   

Dari ngeblog ini aku jadi banyak belajar hal baru. Aku juga jadi banyak melihat hal baru. Ibarat ada banyak pintu yang terbuka. Ada banyak pilihan yang bisa kita coba.

Tinggal keputusan ada di tangan kita. Ingin mengambil peluang yang sudah terbuka di depan mata atau justru dilewatkan. 

Pentingkah Menentukan Big Why Ngeblog?

tujuan menulis blog

Kalau ditanya seberapa penting kita menentukan big why ngeblog, menurutku penting banget sih ya. Big Why ini adalah tujuan kita menulis blog. Apa tujuan kamu tetap menulis blog nantinya? 

Dengan adanya tujuan, kita tidak akan kebingungan nantinya membawa blog yang sudah dibuat itu kemana. Bukan hanya sekedar membuat blog untuk mengikuti suatu kelas, lalu ketika kelas berakhir eh blognya juga berakhir. Jangan ya dek ya....

Karena membuat blog itu mudah, tapi menjaganya dan konsisten mengisinya itu yang susah. Jadi ada baiknya mantapkan dulu tujuan dalam membuat blog agar tidak ada alasan bingung mengisi blognya. 

Mulailah dari hal yang disukai dan dikuasai terlebih dahulu. Karena menuliskan hal yang disukai dan dikuasai itu lebih mudah. 

Kesimpulan

Ketika pertama kali membuat blog pernahkah kalian terpikirkan big why ngeblog? Apa tujuan dari menulis blog. 

Blog iluhnuna sendiri mempunyai 4 big why menulis blog. Dari pertama sampai sekarang ini aku masih tetap semangat mengisi blog dengan beragam tulisan. 

Meski sempat insecure dengan bloger lain yang banyak mendapat klien dari semangat menulisnya, tidak membuat aku patah semangat dalam menulis.

Sampai sekarang konsistensiku dalam menulis jauh mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan dulu. 

Itulah pentingnya kita sebagai bloger memiliki tujuan dalam menulis blog. Dengan adanya tujuan, tidak akan ada istilah malas ngeblog atau bahkan writer's block

 

De Eka
프라나와 엄마. KDrama Lovers. Jung Yong Hwa fans. Bucinnya Suga & Jekey!

Related Posts

6 komentar

  1. Membaca big why kakak soal nge-blog sendiri memberikan pencerahan untuk saya sendiri kak. Semangat ya kak ✨🌼

    BalasHapus
  2. yuk, mbak, moga-moga yang belum lancar di poin pertama, nextnya mengalir deraaas~

    BalasHapus
  3. Memang sesuatu yang dimulai dengan rasa suka itu tidak pernah berkhianat di belakang. Ini relate banget, kalau kata mentor ku "bagaimana kondisi kita sekarang adalah hasil akumulasi dari kebiasaan kebiasaan yang kita lakukan di masa silam".

    Terimakasih kak, tulisannya sangat relate.
    Oh iya, semoga cepet sembuh ya kak. 😊

    BalasHapus
  4. Sepakat, Mbak. Terutama yang bagian komunitas. Di komunitas, kita jadi punya tempat bertanya saat ada hal yang membuat mandeg. Selain itu, melalui komunitas, aku yang tinggal di Garut bisa kenal sama Mbak Eka yang asli Bali.

    BalasHapus
  5. Bener banget, Kak. Dulu saya pernah buat blog dan beli domain, tanpa tujuan dan alasan pasti, berujung kehilangan domain. Dengan membaca Artikel kakak, saya jadi semangat menulis di blog, dengan alasan dan tujuan yang pasti. 🙏☺️

    BalasHapus
  6. Bismillah, semoga selalu semangat ngeblog dan konsisten ya, Kak. Untuk akunyang emak-emak juga menukis blog tuh nggak muluk-muluk big why-nya...

    Vita-mamanesia.com

    BalasHapus

Posting Komentar