iluhnuna

Coba 7 Cara Mengelola Stress Ini

3 komentar

cara mengelola stress

Stress merupakan perasaan wajar yang dialami setiap orang. Penyebab stress pun beragam. Mulai dari masalah ekonomi, pekerjaan dan bisa juga percintaan.

Stress yang tidak diuraikan dan dicari solusinya akan memunculkan kebiasaan buruk. Itulah mengapa kita perlu cara mengelola stress yang baik.

Sebagai contoh ada orang yang tiap kali stress selalu melarikan diri ke makanan. Stress ketika ada tekanan pekerjaan dan hal-hal yang mengganggu mood.

Untuk itulah kita perlu mengenali pemicu munculnya stress. Setelah kita mengindentifikasi pemicunya cobalah untuk di spesifikan. 

Misal stress karena pekerjaan. Pekerjaan bagian mana yang membuat stress. Apakah rekan kerja atau atasan? 

Aku mencoba untuk menguraikan cara mengelola stress agar pikiran menjadi lebih tenang.

Cara Mengelola Stress Dengan Baik

Salah satu kunci untuk mengelola stress adalah kita harus meyakini bahwa masalah itu adalah bagian dari hidup. Seperti yang dikatakan dalam buku Rahasia Bersikap Tenang Dalam Kondisi Apa Pun.

Kita juga harus menyadari bahwa ada hal-hal yang berada di luar kendali kita yang tidak bisa kita ubah. 

1. Menghindari Pemicu

Setelah mengetahui apa saja yang bisa memicu munculnya stress, berusahalah untuk menghindarinya. Menghindari pemicu stress ini adalah langkah awal penyelamatan diri. 

Misalkan kamu stress dengan deadline kerjaan maka jangan menyelesaikannya mepet waktu. Atau kamu punya kawan yang super nyebelin, toxic, playing victim. Boleh kok kita menjauh dari mereka. Kalaupun tetap bergaul cobalah untuk menutup telinga dengan apa yang dikatakannya. 

2. Bercerita

"Meski benar Tuhan selalu ada, tapi boleh kan jika aku membutuhkan satu manusia yang bersedia ada." Sebuah kutipan dalam buku Tentang Luka Yang Kusimpan Sendiri.

Tidak semua orang bisa memendam masalahnya sehingga mereka membutuhkan teman untuk bercerita. Maka tidak ada salahnya kita bercerita kepada teman. Ceritalah kepada teman yang paling kamu percayai.

Dengan bercerita dan mengeluarkan unek-unek biasanya akan ada solusi yang didapat. Selain itu kita jadi bisa menentukan sikap. 

3. Segera Mencari Solusi

Setiap masalah pasti ada solusinya. Itulah yang harus diyakini. Dan aku juga meyakini itu. Hadapi masalah yang jadi sumber stress itu dengan cerdas dan pikiran tenang. Yakinilah bahwa semuanya akan berlalu.

4. Istirahat

Kelelahan membuat tubuh menjadi tegang. Kurangnya istirahat juga bisa memicu munculnya stress. Saat pikiran dan tubuh lelah maka semua sikap orang pasti terlihat salah.

Jadi cobalah mengambil jeda dengan beristirahat. Bukan cuma badan yang perlu istirahat namun pikiran juga. Cobalah melakukan hal yang membuatmu senang. 

5. Makan Makanan Sehat

Saat kita stress kebiasaan buruk yang muncul adalah melarikan diri pada makanan. Akupun dulu memiliki kebiasaan ini. 

Entah mulai dari mana tapi ketika aku sedang ada banyak pikiran dan emosi aku selalu melarikan diri pada makanan super pedas. Namun aku perlahan mulai mengurangi kebiasaan ini setelah menemukan pelarian baru yang lebih baik. 

Ketika stress itu muncul cobalah untuk tetap mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Seperti sayuran, buah-buahan, ikan, kacang-kacangan. 

6. Aktivitas Positif

Ada banyak kegiatan yang bisa kita lakukan untuk mengelola stress. Sesuaikan dengan minat masing-masing. 

Kamu bisa mendengarkan musik favorit, membaca buku dan berbagai aktivitas lain yang dapat menghibur.

Selain mendengarkan musik, ketika sedang stress, emosi dan burn out aku selalu mengalihkan diri untuk melakukan olahraga. Cukup dengan olahraga ringan berjalan kaki selama satu jam. Aku merasakan sendiri manfaatnya terutama bagi pikiran. 

7. Coba Berbagai Terapi Mandiri

Kita bisa juga melakukan terapi ringan untuk meredakan stress. Seingatku dulu ada terapi yang trending pada masanya yaitu mewarnai. 

Jadi buku-buku mewarnai untuk orang dewasa terpampang di toko buku gramedia paling depan. Salah satu buku yang paling terkenal saat itu adalah Secret Garden dari Johanna Basford. 

Namun salah satu art therapy ini tidak cocok bagiku. Bukannya melupakan masalah yang ada pikiranku semakin kemana-mana saat fokus mewarnai itu.

Selain terapi yang pernah booming itu, kamu bisa mencoba untuk menggambar, menulis bahkan melakukan yoga. Terapi mandiri yang paling manjur bagiku sampai saat ini adalah menulis.  

Kesimpulan

Itulah cara mengelola stress yang bisa kalian coba. Cobalah berbagai cara tersebut dan temukan sendiri solusi yang paling pas untuk dirimu.

Sebab cara kita membangun ketahanan diri berbeda-beda sesuai kondisi psikologis dan kepribadian. 


De Eka
프라나와 엄마. KDrama Lovers. Jung Yong Hwa fans. Bucinnya Suga & Jekey!

Related Posts

3 komentar

  1. Mantab tipsnya. Iya ya tiap orang akan menemukan caranya sendiri untuk terlepas dari stres, tapi tetap perlu panduan tips seperti ini. Thanks kak tipsnya

    BalasHapus
  2. Hihihi. Aku juga kalau stress suka makan yang pedes, Kak. Habis itu lanjut makan yg manis-manis :')

    BalasHapus
  3. Waah makasih untuk tips-tipsnya yang sangat bermanfaat kak :)) Kalo aku paling suka tips istirahat soalnya aku selalu begitu heheheh.

    BalasHapus

Posting Komentar