iluhnuna

Ulasan Buku Tidak Semua Orang Menyenangkan

Posting Komentar
review buku tidak semua orang menyenangkan

Semakin dewasa semakin disadarkan pada kenyataan bahwa ada banyak hal yang akan dihadapi. Terlahir sebagai makhluk sosial mengharuskan kita untuk menjalin hubungan dengan manusia lainnya.

Jika tidak bisa beradaptasi dan membaur akan dilabeli sombong dan sebagainya. Pada kenyataannya menjalin hubungan antar manusia itu bukan hal yang gampang.

Ada beragam tipe manusia yang harus kita hadapi. Ada yang sopan, ada yang asal njeplak, ada juga yang baperan. Untuk itulah penting untuk kita menyadari bahwa tidak semua orang menyenangkan. Karena dunia ini bukan hanya tentang kita.

Itulah yang akan dibahas dalam buku yang berjudul Tidak Semua Orang Menyenangkan karya Zee Zee Aurora. 

Identitas Buku Tidak Semua Orang Menyenangkan

Judul: Tidak Semua Orang Menyenangkan 
Tagline: "Jalani Hidupmu Sendiri Jangan Berharap Pada Orang Lain"
Penulis: Zee Zee Aurora
Tahun terbit: 2023
Nama penerbit: Caesar Media Pustaka
Jumlah halaman: viii, 200 hlm
ISBN: 978-6025-964-48-0
Jenis buku: Non-fiksi
Kategori: Self improvement


"Penting untuk kita tetap tahu batasan, mau sedekat apapun kita sama seseorang. Sebab setiap orang mudah berubah dan punya potensi mengecewakan."

Tentang Buku Tidak Semua Orang Menyenangkan

Pernah kan kita merasa sudah berbuat baik, selalu menolong orang tapi ternyata orang tersebut tidak melihat kebaikan kita. Perasaan kecewa dan sakit hati lalu muncul. 

Padahal rasa kecewa yang dirasakan itu muncul karena kita yang membuatnya. Kita berharap pada orang lain. Semakin kita berharap rasa kecewa yang muncul juga akan semakin besar. 

Untuk itulah kita harus berhenti berharap bahwa orang lain akan menghargai, membutuhkan, memahami dan menyukai kita. Tidak semua orang memiliki perasaan seperti itu. 

Isi Buku

ulasan buku self improvement

Buku ini sampai terakhir berjumlah 197 halaman dengan 3 halaman kosong di akhir untuk kita isi dengan tulisan atau insight buku ini.

Ada 5 bab dalam buku ini dengan pembahasan yang menarik dan sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. 

Dalam setiap bab ada sub-sub pembahasan yang tidak dibuat terlalu panjang, enak dibaca dan to the point saja. Di akhir pembahasan sub bab tersebut akan ada semacam kesimpulan dibuat begitu menarik dan menonjol.

Lima bab itu membahas 

Berhenti Berharap Lebih Pada Orang Lain

Kita Juga Boleh Tidak Menyenangkan

"Mereka" Bisa Kita Temui Di Mana Saja Dan Kapan Saja

Jika Ternyata Akulah Yang Tidak Menyenangkan

Tidak Ada Orang Yang Benar-Benar Menyenangkan

Terakhir ditutup dengan epilog

Penyampaian

Aku suka bahasa yang digunakan dalam buku ini bahasa ringan yang mudah dicerna. Bahkan beragam kisah yang diambil sebagai contoh dan pelajaran ada yang dari drama Korea. Penulis kelahiran tahun 1994 ini aku rasa gemar menonton drama Korea juga.

Misalkan drama Korea Extraordinary Attorney Woo sebagai penggambaran kita perlu memaksakan diri.

"Sesekali memaksakan diri itu perlu. Kita akan tahu seberapa besar kemampuan kita untuk menghadapi tekanan, tahu seberapa besar kemampuan kita menyelesaikan pekerjaan." hal.20

Ada juga drama hits Under the Queen's Umbrella. Aku suka sudut pandang yang diambil oleh penulis dari drama yang muat. Sehingga memang buku ini cocok untuk kaum muda yang merasa sering dikecewakan orang.

Hampir semua pembahasan dalam buku ini sangat masuk akal dan sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Aku juga menyetujui banyak kata-kata dalam buku ini. Sehingga buku ini penuh tanda coretan dan penuh lipatan. 

Kesimpulan

"Satu-satunya yang membuat kita kecewa bukan karena orang tersebut tidak menyenangkan, tapi karena kita memiliki harapan yang terlalu tinggi kepada orang tersebut." hal. 170

Menjalin hubungan antar manusia bisa dibilang perkara yang tidak mudah. Sebab dalam hubungan tersebut kita akan bertemu dengan berbagai kepribadian manusia

Buku Tidak Semua Orang Menyenangkan ini mengajak kita untuk jangan terlalu berharap pada orang lain. Karena hakekatnya manusia itu bisa berubah dan mengecewakan. 


De Eka
프라나와 엄마. KDrama Lovers. Jung Yong Hwa fans. Bucinnya Suga & Jekey!

Related Posts

Posting Komentar