iluhnuna

Pertimbangkan Pilihan Pekerjaan Untuk Hobi Membaca Ini

Posting Komentar
pekerjaan untuk hobi membaca

Aku sering melihat keluhan di media sosial terkait gen Z yang katanya bekerja harus sesuai passionnya. Mereka mengutamakan work life balance katanya. 

Memang generasi Z dan generasi sebelumnya pasti berbeda. Adanya perbedaan itu membutuhkan waktu untuk generasi sebelumnya dalam menerima perubahan. 

Banyak yang ingin kerja sesuai dengan minat dan hobinya. Hal itu memang tidak salah. Bagus jika bisa bekerja sesuai dengan minat. 

Lalu bagi seorang kutu buku adakah peluang pekerjaan untuk hobi membaca yang digeluti? Semoga tulisan ini bisa menginspirasi kamu yang ingin bekerja sesuai passionmu.

Peluang Kerja Untuk Si Hobi Membaca  

Mengerjakan sesuatu yang sekaligus adalah hobi itu adalah pekerjaan yang menyenangkan. Setidaknya ketika ada hal berat di dalamnya, kita masih bisa bertahan dan berjuang melewatinya. 

Untuk kamu yang hobi membaca coba kejar peluang karir ini:

1. Pustakawan

Bagi yang sangat suka akan buku fisik pasti kalian akan bahagia jika berada di perpustakaan. Nah menjadi pustakawan bisa kamu pertimbangkan.

Sebagai pustakawan kamu akan mengurus hal-hal terkait dengan perpustakaan seperti kunjungan, peminjaman buku dan kegiatan lainnya di perpustakaan

2. Editor

Suka membaca pasti kemampuan identifikasi bahasa Indonesia yang baik itu meningkat. Aku suka takjub sama orang yang kemampuan menganalisa tulisan itu jeli sekali sampai ke penggunaan tanda baca.

Kamu merasa punya kemampuan tersebut? coba deh jadi editor. 

Editor ini bertugas memeriksa ejaan, pemilihan kata baku, dan standar tulisan lainnya agar tulisan itu menjadi tulisan yang baik. Editor ini yang nantinya akan memberi masukan kepada penulis.

3. Admin Toko Buku

Kita bisa menjadi admin toko buku online maupun toko buku offline. Dengan kamu suka membaca kamu bisa memberikan saran kepada pembeli.

Kamu juga bisa membuat konten tentang buku yang bagus dan kamu rekomendasikan. Apalagi toko buku online saat ini sangat gencar mempromosikan buku-buku melalui media sosial. 

4. Proofreader

Proofreader adalah orang yang bertugas mengoreksi atau mengedit artikel atau naskah dalam konteks kesalahan tata bahasa dan konsistensi gaya bahasa.

Proofreader ini masih berada di bawah pengawasan editor. Buat kamu yang suka mencari-cari kesalahan dalam ejaan dan gramatika cobalah pilih profesi ini. 

5. Reviewer Buku

Menjadi reviewer buku juga bisa kamu pertimbangkan. Karena saat kamu mereview buku kamu sudah pasti harus selesai membaca keseluruhan isinya.

Kamu juga bisa mereview buku untuk dibagikan di media sosial seperti instagram dan tiktok. Bahkan bisa jadi book blogger. Jika hasil ulasanmu bagus kamu bisa mendapat tawaran kerjasama untuk mereview buku. 

Kesimpulan

Saat kita mengerjakan sesuatu yang sesuai dengan kesenangan atau hobi tentu saja ada perasaan bahagia. Apalagi kita mendapat uang dari apa yang disukai.

Buat yang gemar membaca ada juga loh peluang karir yang bisa kamu pertimbangkan. Ada 5 peluang yang sebutkan. Adakah yang menarik perhatianmu?


De Eka
프라나와 엄마. KDrama Lovers. Jung Yong Hwa fans. Bucinnya Suga & Jekey!

Related Posts

Posting Komentar