iluhnuna

Buku Knowing Your Personality, Apa Kepribadianmu?

Posting Komentar
ulasan buku knowing your personality

Pernahkah kalian melakukan psikotes? Biasanya saat kita melamar kerja ada yang mewajibkan kita untuk melampirkan hasil psikotes. Dalam psikotes tersebut ada yang namanya tes kepribadian.

Tujuannya untuk mengetahui kemampuan dan karakteristik psikologis calon pegawainya. Tenang, buku ini tidak mengajak kita untuk melakukan psikotes yang berat itu. Kita hanya akan diajak tes kepribadian.

Itulah sedikit gambaran mengenai buku ini. Buku yang akan mengajak untuk mengenali diri sendiri. Seberapa kenal kamu dengan dirimu sendiri?

Kadang kita itu susah mengenali diri sendiri, tapi bisa dipastikan kita pasti kenal dengan kepribadian teman dekat kita. Tapi sudahkah kita menerima dan menyadari kepribadian diri kita sendiri?

Yuk kita cari tahu kepribadian kita dalam buku Knowing Your Personality karya Desy Rachmawati. 

Identitas Buku Knowing Your Personality

Penulis: Desy Rachmawaty 
Tahun terbit: 2023
Nama penerbit: Penerbit Brilliant
Halaman: 290 hlm
ISBN: 978-602-5861-62-8
Jenis buku: Non-fiksi
Kategori: Self improvement


Tentang Buku Knowing Your Personality

Seberapa kenal kamu dengan dirimu sendiri? Sudah kenal dengan baik? Sudah bisa menerima dirimu sendiri?

Ketika kamu mengenal dirimu sendiri, maka itu adalah awal dari kebijaksanaan

hal.3

Mengenali diri sendiri itu memang terbilang susah. Sebab kita akan melihat apa kelebihan dan kekurangan yang ada pada diri. Setelah tahu, kita harus belajar menerimanya. 

Sulitnya adalah, kita cenderung tidak menerima dengan kekurangan diri sendiri. Kita cenderung mengelak. "Ah ngga aku lo tidak seperti itu." Meskipun itu datangnya dari penilaian orang lain. Ujung-ujungnya jadi berdebat atau bahkan berantem.

Sebab itulah buku ini mengajak kamu untuk mengenali dirimu terlebih dahulu. Kamu itu tipe orang yang bagaimana? Apa saja kemampuanmu?

Part 1 Mengenal Kepribadian

Buku ini terdiri dari 5 part. Nah di part 1 ini kamu akan diajak untuk mengetahui kepribadianmu. Karena kepribadian tiap manusia pasti berbeda-beda dan berciri khas tersendiri. Sebab itulah manusia itu makhluk yang unik.

Kalian pasti akrab dengan istilah Introvert dan Ekstrovert. Pengelompokan kepribadian yang dicetuskan oleh Carl Jung ini sangat akrab dan familiar sekali di masyarakat. Tapi pernahkah mendengar tentang kepribadian sanguinis, koleris, melankolis dan plegmatis? 

jenis kepribadian diri

Tipe-tipe kepribadian itu sangat banyak kalau kita pelajari. Karena beda pencetus beda teori. Tapi mereka semua saling terhubung. 

Buat yang sering nonton drakor atau akrab dengan acara varshow Korea, kalian pasti sering mendengar MBTI. Mereka itu memang akrab dengan MBTI dan juga kepribadian berdasarkan golongan darah. 

MBTI (Myer Briggs Type Indicator) dikembangkan oleh Katherine Cook Briggs dan Isabel Briggs Myers. Teori ini masih didasari oleh teori dari Carl Gustav Jung yang introvert dan ekstrovert itu. Dan masih bayak tipe kepribadian lainnya yang harus kamu ketahui di part 1 ini. 

Part 2 Apa Kemampuanmu?

Di part 2 ini kamu akan diajak mengenali kecerdasan diri sendiri berdasarkan delapan aspek yang disebut dengan kecerdasan majemuk. Selain itu kita juga akan diajak untuk mencari tahu minat, mengetahui tingkat kepercayaan diri dan masih banyak lagi.

Penjelasnnya bukan hanya sekedar teori membosankan tapi dijabarkan secara detail, singkat dan jelas tidak bertele-tele. 

Bukan hanya penjabaran yang mudah dimengerti, tapi kamu juga akan menjawab beberapa soal yang nantinya akan menggambarkan hasil kepribadianmu. 

Part 3 dan 4

Di bab 3 kita akan diajak mengetahui hubungan cinta dan pertemanan. Diri sendiri ini tipe teman yang seperti apa? Lalu bagaimana kita dalam menjalin hubungan percintaan. Nah di part 3 ini kamu akan langsung berhadapan dengan soal-soal. 

Di part 4 pun sama. Akan lebih banyak menjawab tes gambar. Akan ada beberapa gambar dan kamu memilih berdasarkan bentuk yang disukai. Jawabannya akan langsung dijabarkan. 

Part 5 Mengenal Kokologi

Part terakhir ini kamu akan diajak mengenal ilmu kokologi yang berasal dari Jepang. Kamu akan lebih banyak melakukan permainan menebak seru di part ini. 

Mengapa Buku Knowing Your Personality ini Bagus?

baca buku knowing your personality

Sebelumnya, aku memang belum banyak membaca buku yang membahas tentang mengenali diri sendiri. Lalu aku langsung bertemu dengan buku ini.

Menurutku buku ini sudah sangat lengkap. Bukan hanya teori-teori penjelasan, namun juga disajikan soal-soal yang harus kita jawab untuk mengetahui kepribadian sendiri. Hasil tes itu juga diberikan penjelasan. 

Aku memang tertarik mempelajari tentang kepribadian. Jangankan orang lain, kepribadian suami saja butuh waktu untuk aku sendiri pahami. Karena kami berdua yang tinggal serumah ini berbeda dan unik. 

Selain itu mengetahui kepribadian dan minat diri sendiri itu sangat berguna. Agar aku bisa menerima diriku dan mencintainya meski ada banyak kurangnya. Agar aku bisa maklum dan mengambil sikap ketika bertemu dengan orang baru. 

Kesimpulan

Buku Knowing Your Personality Desi Rachmawati ini mengajak kita untuk mengenal diri sendiri dengan baik terlebih dahulu sebelum kita mengenali kepribadian orang lain. 

Sebab mengenal diri sendiri itu tidak mudah karena harus masuk melihat ke dalam diri. Dan lebih susah lagi menerima kenyataannya setelah kita tahu. 

Buku ini terdiri dari 5 part yang memperkenalkan berbagai kepribadian dan juga minat. Bukan hanya sekedar teori tapi juga dilengkapi tes dengan beberapa soal yang nantinya mengungkap kepribadianmu. 


De Eka
프라나와 엄마. KDrama Lovers. Jung Yong Hwa fans. Bucinnya Suga & Jekey!

Related Posts

Posting Komentar