iluhnuna

Buku Stop Mempersulit Diri, Memeluk Hati Dengan Motivasi

Posting Komentar
ulasan buku stop mempersulit diri diyan yulianto

Setiap orang pastinya mempunyai masalah dalam hidup. Hanya saja, yang membedakan adalah ada yang berisik ada juga yang bisa menjalaninya dengan tenang.

Bisa dibilang saat ini kita berada di kehidupan modern. Segala informasi apapun bisa dengan mudah kita dapatkan. 

Tapi kemudahan dalam menerima informasi ini biasanya akan menimbulkan berbagai perasaan yang dapat mengganggu. Bahkan menimbulkan masalah baru dalam hidup. 

Pikiran menjadi tidak tenang. Hati penuh prasangka buruk dan akhirnya mencemaskan sesuatu yang berada di luar kendali kita.

Buku Stop Mempersulit Diri karya Diyan Yulianto ini mengajak kita untuk hidup dengan memiliki pandangan yang sederhana. 

Mengatasi masalah hidup dengan pelan-pelan, atau paling tidak kita mencoba untuk berdamai dengan masalah itu.

Identitas Buku Stop Mempersulit Diri 

Judul: Stop Mempersulit Diri
Tagline: "60 Cara Menikmati Hidup yang Lebih Sederhana"
Penulis: Diyan Yulianto
Tahun terbit: 2021, Cetakan kedua 
Nama penerbit: Cemerlang Publishing
Jumlah halaman: x, 166 hlm
ISBN: 978-623-7333-59-3
Jenis Buku: Non-fiksi
Kategori: Motivasi, Self improvement


Tentang Buku Stop Mempersulit Diri

Aku membeli buku ini tahun 2023 kemarin. Sepertinya di tahun tersebutlah bacaanku mulai beralih ke kategori self improvement. Barangkali di tahun tersebut pula aku merasa tidak baik-baik saja.

Sesuai judulnya, buku karya Diyan Yulianto ini memaparkan 60 pembahasan dengan judul yang menarik dan kekinian. Relate sekali dengan kehidupan masa kini.

Kita pasti pernah merasa hidup ini stagnan. Sementara kawan kita terlihat jauh di depan. Akhirnya kita berusaha untuk mengejar. Lalu lelah sendiri karena kita tidak bisa menyamai langkahnya.

Iya aku pernah mengalami itu. Aku merasa iri dengan beberapa teman bloggingku yang langkahnya cepat dan jauh berada di depan. Berusaha mengikuti tapi langkahku terganjal. Aku jadi menyalahkan diri sendiri.  

Aku butuh waktu meredam perasaan iri tersebut sampai menyadari kalau bebanku dan bebannya berbeda. Tidak bisa aku samakan apalagi aku kejar dengan berlari ngos-ngosan.  

Salah satu pembahasan dalam buku ini berjudul "Kita Bergerak Dengan Kecepatan Berbeda." Kalimat ini jadi pendukung perasaanku. 

Bahwa manusia itu unik. Ada beragam faktor yang membuat kehidupan manusia itu menghasilkan kecepatan yang berbeda.  

Mengapa Stop Mempersulit Diri Jadi Buku Favorit?

buku stop mempersulit diri

Buku motivasi dan self improvement ini jadi salah satu buku yang paling aku suka. Meski katanya ada dampak negatif buku self improvement itu. 

Isi

Buku ini disertai kalimat motivasi yang memang dibutuhkan dalam kehidupan modern ini. Bukannya aku tergila-gila dengan kalimat motivasi, tapi jika kalimat itu memberimu pikiran yang positif kenapa tidak?

Dipeluk dengan kata-kata itu juga menghangatkan hati. Penulis berusaha memberikan semangat bagi kita untuk menjalani hidup. Kalimat-kalimat ini pokoknya bisa bikin kamu menganggukkan kepala merasa setuju. 

Penyampaian

Buku ini termasuk tipis dengan adanya 60 pembahasan di dalamnya. Justru ini jadi daya tariknya. Sejujurnya aku merasa seperti sedang membaca sebuah artikel blog. 

Pembahasan tiap chapternya tidak panjang-panjang. Rata-rata hanya 2 lembar halaman. Pilihan bahasa yang digunakan juga santai dan mengalir. 

Di dalamnya juga disertai gambar atau ilustrasi yang simple tapi bermakna. Belum lagi, selalu ada kalimat yang memotivasi diletakkan di akhir pembahasan chapter yang di beri sentuhan desain cantik. 

Kalimat Motivasi 

Ada banyak motivasi yang bisa kita dapatkan dari membaca buku ini. Tentang ketakutan, kegagalan, kebahagiaan dan lainnya. Tapi ada yang paling aku suka:  

"Pilih dan temukan sumber kebahagiaanmu sendiri, kemudian jalani dengan rutin. Dengan menemukan sumber kebahagiaan sejati, kita selalu bisa melarikan diri padanya tiap kali hidup terasa sesak." hal.58

Bahagia itu memang kita yang tentukan. Kita bisa memilih bahagia kita. Selalu ingat bahwa apapun pilihan itu pasti selalu ada konsekuensinya. Karena hidup itu butuh pelarian namun jangan lupa untuk mengambil jeda.

"Berhenti bukan untuk stop sampai di sini, tapi berhenti agar bisa lanjut kembali." hal.41

Kesimpulan

Buku Stop Mempersulit Diri karya Diyan Yulianto terdiri dari 60 pembahasan yang mengajak kita untuk menikmati hidup tanpa ribet. 

Buku ini berisi kalimat motivasi yang bisa membuat mengangguk setuju. Disertai gambar ilustrasi sederhana dan pembahasan yang singkat. Tidak akan membuat pembaca lelah atau bosan. 

De Eka
프라나와 엄마. KDrama Lovers. Jung Yong Hwa fans. Bucinnya Suga & Jekey!

Related Posts

Posting Komentar