iluhnuna

Ulasan Buku Rahasia Bersikap Tenang Dalam Kondisi Apa Pun

Posting Komentar
buku rahasia tenang dalam kondisi apapun

Manusia hidup itu pasti berdampingan dengan masalah. Tidak ada seorang pun yang bebas dari masalah. Masalah itu bukan hanya berwujud kemalangan atau penderitaan. 

Bahkan memiliki harta yang berlimpah dan hidup yang dipenuhi dengan kesenangan dapat dikatakan sebagai masalah.

Perbedaannya adalah cara seseorang dalam menghadapi masalah. Bisakah kita menyikapinya dengan tenang, atau justru meledakkan diri mengikuti gejolak emosi.

Buku Rahasia Bersikap Tenang Dalam Kondisi Apa Pun akan mengajak kamu mengutamakan ketenangan dalam menghadapi kondisi apa pun dengan tujuh kunci rahasia. 

Mari kita ulas buku karya Sabrina Ara ini.

Identitas Buku

Judul: Rahasia Bersikap Tenang Dalam Kondisi Apa Pun 
Penulis: Sabrina Ara
Tahun terbit: 2024, cetakan ke xiv
Nama penerbit: Syalmahat Publishing
Jumlah halaman: vi, 122 hlm
ISBN: 978-623-9137-85-4
Jenis buku: Non-fiksi
Kategori: Self Improvement 


Tentang Buku Rahasia Bersikap Tenang Dalam Kondisi Apa Pun

Buku ini tersusun atas 7 bab yang menjadi kunci rahasia bersikap tenang. Aku akan menjabarkan ulasan buku ini secara garis besarnya saja. 

Tenang Itu Penting

Mungkin kita semua tahu bahwa masalah itu harus dihadapi dengan tenang. Tapi tahu bukan berarti bisa mempraktekkannya. Kebanyakan dari kita cenderung mengikuti emosi yang ada dalam diri. 

Tenang memang tidak mudah, apalagi saat kita menghadapi masalah besar. Tapi tidak mudah bukan berarti tidak mungkin untuk dilakukan. 

Mengapa tenang itu penting? Jawabannya ada 11 poin yang dijabarkan dengan simple dan mudah dimengerti dalam buku ini.

Tenang Itu Dari Dalam Diri

Bersikap tenang munculnya dari dalam diri, itulah mengapa kita harus kenal baik dengan diri sendiri terlebih dahulu. 

Seperti pembahasan dalam buku Knowing Your Personality, dalam buku ini juga membahas tipe kepribadian manusia. Hanya saja tipe yang dibahas lebih sedikit yaitu menurut Hipocrates. 

Bingung caranya mengenali diri sendiri?. Buku ini akan menuntunmu untuk berkenalan lebih dekat dengan diri kamu sendiri. Bahkan ada lembar berisi pertanyaan untukmu.

Setelah kamu kenal dengan dirimu, kamu pasti menyadari bahwa kamu memiliki potensi yang bisa kamu kembangkan.

Jujur aku baru tahu ada 4 jenis potensi diri dari buku ini. Ada potensi berfikir, emosi, fisik dan sosial. Penjelasannya juga ada. Tapi aku tidak akan membahasnya. 

Masalah & Pengendalian Diri

Masalah itu bisa dibilang temannya manusia. Rasanya tidak mungkin ada manusia yang hidup tanpa masalah. Mereka pasti punya ujiannya masing-masing. Intinya hidup itu harus dibuat selalu siap akan ujian. 

Problematika selanjutnya adalah perang melawan diri sendiri yang bernama pengendalian diri. Jika berhasil mengendalikan diri dalam berbagai situasi maka ia akan menjadi pertolongan pertama bagi diri. 

"Kita tidak akan dapat menghapus kata-kata yang terlanjur terucap ataupun menghapus tindakan terlanjur dilakukan. Karena itu, keduanya harus dipikirkan sebelum dilepaskan," hal.48

Kesanku Terhadap Buku Rahasia Bersikap Tenang Dalam Kondisi Apa Pun

isi buku rahasia bersikap tenang

Aku suka desain bukunya yang bersampul warna biru. Ternyata bukan hanya sampul. Bahkan buku ini berwarna loh. Jadi membacanya tidak membosankan. 

Pembatas bab dibuat biru. Judul sub-sub bab juga berwarna biru. Bahkan beberapa poin penting itu dibuat box biru sebagai wadah pembahasan. 

Buku ini juga disertai gambar sehingga tidak melulu full text hitam putih monoton. Bukunya tidak terlalu tebal dan pembahasannya to the point

Kesimpulan

Buku ini tersusun atas 7 bab yang menjadi kunci rahasia bersikap tenang yang dimulai dari mengenali diri sendiri sampai bisa melakukan pengendalian diri.  

Itulah ulasan buku Rahasia Bersikap Tenang Dalam Kondisi Apa Pun versi iluhnuna.  


De Eka
프라나와 엄마. KDrama Lovers. Jung Yong Hwa fans. Bucinnya Suga & Jekey!

Related Posts

Posting Komentar