iluhnuna

Ulasan Buku Blogging For Moms Karya Novarty

1 komentar

ulasan buku blogging for moms

Apa sih kegiatan ibu di rumah selain menemani anak? Ada yang berwirausaha ada juga yang fokus bersama anak saja. 

Uniknya jiwa kreatifitas ibu itu muncul ketika dia sudah resign dari pekerjaan. Aku dan beberapa teman bloggingku begitu.

Memang ada yang sudah mengenal blog dari lama. Ada yang sudah rutin mengisinya, ada pula yang sekedar membuat saja. Nah, justru ketika resign kerja jiwa-jiwa ingin tetap produktif itu muncul.

Diantara banyak pilihan aku memutuskan untuk terjun ke dunia blogging. Setelah berfikir keras mencari-cari kegiatan. 

Semua berawal dari otodidak dan berjalan sendiri cukup lama. Sampai akhirnya bertemu komunitas, mendapat teman dan mencari ilmu sana-sini.

Bertemulah aku dengan blogger keren bernama Novarty. Beberapa kali aku pernah ikut kelas yang narasumbernya adalah beliau.  

Beliau baru saja menerbitkan buku solo terbarunya berjudul Blogging For Moms. Buku tentang ibu dan blogging. 

Apa sih kaitannya? Ini ulasan buku Blogging For Moms karya Novarty

Identitas Buku Blogging For Moms

Judul: Blogging For Moms
Penulis: Novarty
Tahun terbit: 2024, Cetakan 1
Nama penerbit: Stiletto Book
Jumlah halaman: vii, 203
ISBN: 978-623-409-354-4
Jenis buku: Non-fiksi
Kategori: Pengembangan diri


Kenapa Blogging For Moms?

Buku ini dari awal sudah dibuka dengan kalimat yang mengena banget buat ibu-ibu. Pembahasannya langsung mengalir. Apalagi sebagai ibu yang baru resign kerja, kerap ada perasaan hampa dalam diri. 

Dulunya berangkat pagi pulang sore. Lalu berubah menjadi stay 24 jam di rumah saja. Aku pribadi merasakan perubahan ini awalnya tidak mudah. 

Mood sering berantakan. Merindukan masa lalu yang aktif. Sampai merengek ke suami ingin balik kerja lagi.  

Aku merasa beruntung tiba-tiba ingat dengan blog yang sudah lama aku buat. Dari situlah awalnya aku menjadi blogger.

Ternyata aku tidak sendirian merasakan hal itu. Penulis juga mengungkapkan hal yang sama dalam bukunya. Apalagi penulis ini resign dari pekerjaannya yang seorang Pegawai Negeri Sipil. Pekerjaan idaman segala umat. 

Memikirkan segala bidang yang dapat ditekuni, bertemulah ia dengan blog. Melakukan aktivitas blogging menurutnya banyak memberikan manfaat ditengah kesibukan menjadi ibu yang membersamai anak di rumah.

Aku setuju dengan apa yang dikatakan penulis dalam bukunya ini. Bahwa ibu butuh sarana pengembangan diri agar otak tidak beku dan sebagai bukti aktualisasi diri. 

Sudut pandang yang bisa dituliskan dalam blog juga menjadi unik dan berbeda karena dekat dengan keseharian. Selanjutnya yang paling penting adalah adanya kebahagiaan. Ada perasaan lega dari beban yang tumpah menjadi karya digital. 

Apa Saja Yang Dibahas Dalam Buku Blogging For Moms?

buku blogger novarty

Buku ini terdiri dari 8 bab yang memiliki sub-sub bab pembahasan yang menjawab rasa kegelisahan dan kegalauan sebagai mom blogger.

Bagusnya adalah buku ini membahas blogging dari dasar, mencari ide dan mengembangkannya, belajar sedikit SEO dalam penulisan, mood swing sebagai ibu sampai cara mendapatkan cuan dari blog.

Setiap apapun yang kita kerjakan pasti ada tantangannya. Buku ini juga membahas tantangan yang disertai solusi sebagai mom blogger. Jadi kamu tidak akan merasa sendiri dan banyak menyetujui ini buku ini.

"blogger pun butuh waktu untuk tumbuh dan berkembang." hal. 119

Ngeblog itu Harus Nyaman

Sebagai blogger pastinya kita punya ambisi, apalagi sudah merasakan hasil yang didapat dari menulis di blog. Selain ambisi dalam hal cuan ada juga ambisi dalam hal karya dan skill

Apalagi ada banyak komunitas yang suka mengadakan upgrade skill, mengadakan tantangan menulis dan banyak kegiatan lainnya. Terkadang kita ingin seperti teman lainnya. Bisa melakukan ini itu. Mendapatkan ini dan itu. 

Padahal sebagai ibu kita punya waktu dan kemampuan yang terbatas. Tidak semua kelas belajar bisa kita ikuti. Jadi jangan terlalu menuntut diri agar kita menguasai semuanya. Karena ada beberapa hal yang memang bisa kita delegasikan kepada ahlinya.

Pun demikian dengan kegalauan aku belakangan ini. Semakin tahu kita jadi semakin galau. Banyak yang mengatakan kalau Blogspot itu nggak asik. Mending pakai Wordpress.

Tentu ada rasa penasaran. Ingin mencoba juga. Tapi ada biaya yang tidak sedikit disana. Ternyata penulis pun menuliskannya di buku ini. Seolah menjadi jawaban dari kegalauanku. 

 "utamakan bahagia, nyaman dan tidak ngoyo, dijamin blog akan terus berkembang dengan timeline-nya masing-masing." hal 200

Kesimpulan

Buku Blogging For Moms adalah buku yang mengupas tuntas tentang ngeblog dari sudut pandang ibu. Ditulis berdasarkan pengalaman penulis langsung. Bukan sekedar teori atau studi literatur. 

Penulis adalah seorang blogger yang sudah banyak memenangkan lomba blog dan menerbitkan beberapa buku antologi dan juga buku solo. Blognya adalah novarty.com

Sebagai mom blogger ada hal-hal yang harus kita damaikan dengan keadaan. Kita tidak bisa terlalu mengejar ambisi.


De Eka
프라나와 엄마. KDrama Lovers. Jung Yong Hwa fans. Bucinnya Suga & Jekey!

Related Posts

1 komentar

  1. Mau punya bukunya🫥, walaupun belum punya anak dan masih sibuk bekerja, tapi sepertinya akan ada bayangan setelah membacanya😶‍🌫️

    BalasHapus

Posting Komentar